Jumat, 10 Februari 2017

Cara Merawat Wajah Secara Alami

Hasil gambar untuk merawat wajahCara Merawat Wajah Secara Alami Sesuai Jenis Kulit


Sebelum merawat wajah sebaiknya kamu ketahui dulu jenis kulit masing-masing. Sebab setiap jenis kulit haruslah mendapatkan perlakukan berbeda
agar tak mengalami gangguan seperti iritasi ataupun alergi. Adapun jenis-jenis kulit antara lain:

- Kulit berminyak: ditandai dengan banyaknya cairan keluar di wajah. Terutama setelah kamu aktif beraktivitas di siang hari.

- Kulit kering dan kusam: ditandai dengan kulit terasa kasar, pecah-pecah, dan kadang meradang.

- Kulit berjerawat dan berkomedo: adanya benjolan-benjolan kecil di area wajah, terutama hidung dan dahi.


1. Merawat wajah berminyak

Lemon dan jeruk nipis

Nipis dan lemon termasuk jenis buah jeruk yang kaya akan senyawa asam. Kandungan asamnya inilah yang dapat meringkas pori, mengangkat sel kulit mati, dan mengontrol keluarnya minyak berlebihan di wajah kamu.


* Mentimun

Mentimun juga diperkaya dengan kandungan vitamin C dan mineral tinggi yang baik untuk merawat muka secara alami. Khasiat timun untuk wajah antara lain mengontrol minyak berlebih, meringkas pori, menghilangkan flek hitam bekas jerawat, dan masih banyak lagi.


2. Merawat wajah berjerawat dan berkomedo

* Putih telur dan madu

Campuran putih telur dan madu bisa menjadi obat jerawat yang paling mujarab. Mereka berdua mengandung nutrisi lengkap yang dapat mengusir bakteri dan sel kulit mati penyebab jerawat di wajah.


*Pasta gigi

Sedangkan bagi kamu yang memiliki kulit berkomedo, gunakan pasta gigi saja. Meski terlihat sepele dan murahan, tapi pasta gigi terbukti ampuh untuk menghilangkan komedo membandel, terutama bagian hidung dan dahi.


3. Merawat wajah kering dan kusam

Karena kehilangan kelembaban di permukaan kulit, terkadang wajah kita menjadi terasa kering dan kusam, apalagi ketika berada di tempat yang dingin seperti ruangan ber-AC dan pengunungan.


*Masker madu dan alpukat

Alpukat dan madu bisa dibilang merupakan pelembab alami yang dapat merawat kulit kering. Bahkan bila kamu bisa menggunakan secara rutin dan konsisten, wajah akan semakin cerah berseri.


Tips Merawat Wajah Secara Alami Rutin Setiap Harinya

Untuk hasilnya yang memuaskan, ada baiknya terapkan perawatan wajah diatas secara rutin minimal 1x sehari. Selain itu, kamu juga harus menjalani pola hidup sehat setiap harinya. Adapun pola hidup yang wajib kamu lakukan antara lain:

- Konsumsi makanan-makanan bergizi tinggi. Misalnya seperti buah vitamin E, sayuran, susu, dan sebagainya.

- Hindari mengonsumsi makanan berlemak, berminyak, berkolesterol, terlalu manis, dan makanan cepat saji.

- Lebih baik mulai sekarang hentikan kebiasaan konsumsi alkohol, merokok, begadang, dan konsumsi obat-obatan terlarang.

- Lakukan kebiasaan sehat setiap hari seperti jogging 15 menit, senam, yoga, dan olahraga lain.

- Usahakan jangan terlalu sering menyentuh kulit wajah, bila tak terlalu penting. Sebab kondisi tangan yang kotor dapat membuat kulit iritasi.

- Selalu gunakan krim pelembab sesuai dengan jenis kulit masing-masing. Terutama bagi kamu yang memiliki kulit kering.

- Bersihkan wajah setiap kali menjelang tidur dengan air hangat. Ini bertujuan agar kotoran tak menyebabkan munculnya jerawat, flek hitam, dan bahkan iritasi berbahaya.

- Konsumsi air putih minimal 2 liter dalam sehari alias 8 gelas. Agar tak bosan, kamu bisa menjadwal minumnya seperti pagi hari 2 gelas, siang 4 gelas, dan malam 2 gelas.

- Gunakan selalu masker-masker alami yang telah saya ulas sebelumnya dengan benar dan telaten.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar